Cara Beli Grup dan Fanpage Facebook Aman Dan Gak Tertipu Lagi

NDAGEL.COM, Jogja - Grup dan Fanpage Facebook saat ini memang sudah menjadi suatu aset digital yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Banyak sekali skema dan cara untuk mendapatkan keuntungan berupa uang dari proses mengelola grup dan fanpage facebook.

Grup facebook yang memiliki anggota puluhan ribu hingga ratusan ribu serta ramai interaksi tentu saja sangat mudah untuk mendapatkan uang dan menjadi incaran banyak pihak untuk memilikinya.

Apalagi sejak ramai affiliate shopee beberapa waktu ini, banyak sekali para pemain affiliate shopee yang tertarik untuk membeli suatu grup dengan interaksi baik untuk dijadikan "kolam" bagi skema bisnisnya.

Namun, terlepas dari banyaknya grup dan fanpage facebook yang diperjual belikan. Ternyata banyak juga orang yang mengaku tertipu ketika membeli grup atau fanpage facebook.

Agar anda tidak tertipu, sebelum membeli grup atau fanpage facebook, perhatikan berbagai hal ini ya.

Pilih Grup atau Fanpage dengan interaksi yang baik

Jangan asal tergiur dengan jumlah anggota atau follower yang banyak.

Saat ini, jumlah anggota grup dan follower facebook bisa direkayasa dengan cara suntik anggota dan suntik follower fanpage.

Jika anda tertarik membeli suatu grup atau fanpage facebook, pastikan anda minta data berupa screenshot statistik interaksi waktu real time.

Jangan sampai ketika anda membeli grup facebook dengan anggota ratusan ribu, atau fanpage ber follower banyak ternyata ketika anda posting iklan anda menjadi sepi interaksi.

Jumlah anggota atau follower itu penting, tapi jika interaksinya sepi artinya grup dan fanpage itu tidak berguna alias grup dan fanpage sampah.

Jika admin grup tidak mau memberikan data statistik interaksi, udah batalin aja. Percuma.

Pilih niche grup yang sesuai dengan target pasar anda 

Jangan memaksakan kehendak dengan dalih yang penting punya kolam, ya.

Jika niche anda tentang meme, jangan anda beli grup atau fanpage tentang budidaya ikan lele.

Baru anda ganti nama grup, atau anda posting konten meme di grup atau fanpage itu pasti anggotanya bakal gak terima yang ujung ujungnya bakal kabur.

Cek ke admin grup, lihat riwayat perubahan namanya. Apakah sejak grup atau fanpage itu dibangun memiliki niche yang sama atau sudah melenceng jauh.

Jika grup atau fanpage itu sudah pernah berganti banyak nama dengan niche yang berbeda, mending gak usah deh. Artinya grup atau fanpage itu gak konsisten dan anggota serta pengikutnya juga bukan target pasar yang baik.

Cek apakah grup dan fanpage itu sedang kena pelanggaran dari facebook atau tidak 

Banyak sekali admin grup dan fanpage facebook tiba tiba menjual grup dan fanpage nya karena terkena pelanggaran berulang.

Daripada grup atau fanpage nya dihapus oleh pihak facebook, mending dijual biar gak rugi rugi amat.

Pastikan ketika anda ingin membeli grup atau fanpage facebook, anda minta cek ke admin untuk diperlihatkan status pelanggaran grup atau fanpage tersebut.

Jika bersih dan aman, gass.

Jika sedang merah alias banyak pelanggaran, cari yang lain aja. Sayang uangnya kalo buat beli grup atau fanpage yang mungkin dalam waktu dekat bakal hilang dihapus oleh facebook.

Gunakan jasa rekber, jangan gampang percaya dengan tipu daya ripper 

Menggunakan jasa rekber atau rekening bersama adalah tindakan paling bijak jika kita mau bertransaksi di facebook.

Carilah rekber yang populer dan memiliki reputasi baik.

Banyak rekber tidak menjamin pembelian grup atau fanpage aman dari hack back atau diambil kembali oleh admin lama.

Jadi, kalian harus hati hati dan cermat dalam memilih rekber yang aman dan bertanggung jawab.

Rekomendasi rekber yang aman pernah kami ulas di artikel ini.

Cara menghindari hack back ketika membeli grup atau fanpage facebook 

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk mengamankan grup atau fanpage tersebut agar tidak kembali di hack oleh admin lama.

Satu, pastikan anda bertransaksi oleh admin pemilik grup atau fanpage tersebut. Cek di daftar anggota apakah dia memang benar admin atau bukan.

Dua, sebelum transaksi pastikan pihak penjual sudah menyisakan satu admin saja. Tidak ada admin lain di grup atau fanpage tersebut selain admin yang sedang bertransaksi dengan anda.

Ketiga, pastikan ada memiliki akun ganda, cek apakah ada admin yang tersembunyi. Biasanya penipu menggunakan modus admin tersembunyi untuk mengambil alih kembali grup yang sudah dia jual.

Untuk menghindari admin tersembunyi, anda harus menggunakan beberapa akun admin backup untuk memonitori. Siapa tau, akun utama anda di blok oleh admin lain, sehingga tidak bisa melihat akun admin itu, jadi akun anda yang lain bisa mengetahuinya.

Kelima, pastikan setelah anda membayar kepada admin, admin tersebut langsung menjadikan anda admin.

Ketika anda sudah jadi admin, anda harus langsung menghapus semua akun admin lawas dan mengangkat beberapa admin baru dengan akun facebook milik anda sebagai backup admin.

Ketika semua proses itu telah dilakukan, barulah anda bisa konfirmasi kepada rekber bahwa grup atau fanpage yang anda beli sudah aman, sehingga dana anda boleh diteruskan kepada penjual grup atau fanpage tersebut.

Harga pasar grup dan fanpage facebook 

Seperti yang kami sampaikan di awal tulisan ini, bahwa grup dan fanpage facebook kini memiliki harga yang cukup mahal.

Harga grup dan fanpage dipengaruhi oleh seberapa besar anggota atau follower, interaksi, dan niche.

Untuk grup facebook beranggota 10rb, kini sudah dihargai sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.

Tentu harga akan semakin mahal mengikuti jumlah anggota dan kepopuleran grup atau fanpage itu di facebook.