Klub Bola Mesra FC Samarinda Pindah Ke Tenggarong Menjadi Kartanegara FC

Mesra FC Samarinda Klub Sepak Bola Asal Kota Samarinda 
Ndagel.com - Kabar mundurnya klub sepak bola Mitra Kukar FC di ajang Liga 3 Provinsi Kalimantan Timur cukup membuat publik pecinta sepak bola tanah air gempar.

Pasalnya, klub kebanggaan masyarakat Kutai Kartanegara itu dikabarkan digantikan posisinya oleh klub sepak bola baru bernama Kartanegara FC.

Kartanegara FC sendiri baru terbentuk pada akhir tahun 2023 dan dilaunching langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah yang sekaligus menjabat sebagai Pembina Klub.

Banyak masyarakat Kutai Kartanegara yang kecewa atas keberpihakan Bupati Edi terhadap klub Kartanegara FC. Pasalnya, Bupati Edi dianggap kurang perhatian dengan klub yang lebih dulu ada yaitu Mitra Kukar.

Masyarakat juga menyoroti perubahan warna klub yang didukung Bupati Edi dari yang awalnya Kuning (Mitra Kukar), menjadi Merah (Kartanegara FC).

Siapakah sebenarnya Klub Kartanegara FC?

Klub Kartanegara FC sebenarnya bukanlah klub sepak bola yang baru dibentuk.

Diketahui Kartanegara FC adalah klub hasil dari akuisisi dari klub sepak bola Mesra FC Samarinda.

Mesra FC Samarinda adalah klub asal Kota Samarinda yang juga pernah mengikuti kompetisi Liga 3 regional Kaltim pada tahun 2021.

Namun, klub yang memiliki warna kebanggaan merah tersebut pada Liga 3 tahun 2021 di Sangatta menjadi klub yang lemah.

Mesra FC Samarinda berada di dasar klasemen dan menjadi lumbung gol bagi klub lainnya.

Pada tahun 2023, Klub Mesra FC Samarinda diakuisisi sehingga berganti nama menjadi Kartanegara FC dan berpindah home base ke Kutai Kartanegara.

Adapun Kartanegara FC langsung dibina oleh Bupati Kutai Kartanegara dan Sultan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Klub berjuluk Singa Habang ini diketuai oleh Thauhid Noor dan Menejer Edi Fahruddin.

Klub Kartanegara FC (Mesra FC) pada kompetisi Liga 3 2023 dinilai lebih siap karena diisi oleh para pemain bintang lokal, dan ditargetkan promosi ke Liga 2.